Melihat hewan = belajar fisika

Belajar fisika bisa dimana saja. Alam merupakan laboratorium yang terbesar, tempat menggali ilmu bagi siapa saja yang tak mengabaikannya. Melalui observasi dan tindakan (penelitian) lebih lanjut, kita bisa mengungkap misteri alam dan menyadari tanda-tanda kebesaran Allah SWT.
Hewan-hewan yang ada ternyata menggunakan konsep-konsep fisika ketika mempertahankan diri, bergerak dan mencari makanan. Berikut beberapa hewan yang menggunakan konsep fisika:
1.  Kucing dijuluki memiliki sembilan nyawa karena kalau jatuh dari tempat tinggi tulang-tulangnya tidak patah. Apakah kucing memiliki daya magis? Tentu tidak. Kucing menerapkan prinsip kesetimbangan dengan baik. Pantas saja ketika kucing jatuh dari meja saat ketahuan nyolong ikan asin dengan cepat kucing tersebut bangun kemudian lari. Lenyap dech ikan asinnya🙂

2.  Lumba-lumba memiliki alat navigasi dengan sistem ultrasound, jadi lumba-lumba dapat melihat janin tanpa menggunakan sinar-X dan alat USG.

Wah lumba-lumbanya bisa jadi dokter kandungan donk🙂

3.  Hiu dapat mendeteksi perubahan kecil gelombang listrik dan elektromagnet yang disebabkan organisme lain. Air laut yang mengandung garam (elektrolit) dapat menghantarkan sinyal-sinyal listrik tersebut ke electroreceptor (alat yang berfungsi untuk mendeteksi gelombang listrik yang terdapat di sekitar mulut hiu). Hal ini yang menyebabkan hiu dapat mendeteksi keberadaan mangsanya termasuk manusia. Ngeri…. ya….!!
4. Bebek mampu menghasilkan tenaga jet yang mendorong kakinya melesat ketika berada dalam air.

5. Ikan memiliki tekstur yang ramping (streamline) menjadikan ikan mampu berenang dengan mudah dan cepat. Manusia mengaplikasikan tekstur ramping dalam berbagai kreasi teknologi, seperti pembuatan kapal selam. Ada sebagian binatang laut yang memiliki massa jenis hampir sama dengan massa jenis air laut, yaitu penguin dan paus. Sehingga memungkinkan kedua binatang laut ini tak akan pernah tenggelam tanpa perlu berenang sama sekali, HEBAT DONK…Fenomena seperti ini, dikarenakan adanya konsep fisika yang dinamakan bouyancy (gaya ke atas).
6. Dalam melakukan parade burung-burung seringkali membentuk formasi V. Burung yang paling depan merupakan pembuka jalan yang harus bekerja keras “memecah” hambatan udara, sehingga burung di belakangnya dapat bergerak lebih mudah. Ketika pemimpin itu lelah, burung yang lain segera menggantikan posisinya . Dalam formasi huruf V ini gerakan burung dalam kawanan ini sangat sinergi sehingga mereka tidak perlu mengeluarkan tenaga terlalu besar (pemakaian energi lebih efisien) untuk melakukan perjalanan yang jauh.

41 Balasan ke Melihat hewan = belajar fisika

  1. Elisabeth Febrianti mengatakan:

    Binatang aja Tuhan berikan kelebihan masing-masing,apalagi manusia. Jadi cari dong kelebihan kita masing-masing,OK!

  2. nurul azmi mengatakan:

    oke2… kren… like THIS yO!!! ^_^

  3. ralep aprilla mengatakan:

    ternyata bukan manusia aja yg memiliki kemampuan yg hebat
    hewan ternyata juga ada ya
    bagus ni info😀

  4. mas jack mengatakan:

    pak ham, udah banyak tulisan ye… kasih jempol 5

  5. Velda Rogillio mengatakan:

    I’ve been absent for some time, but now I remember why I used to love this web site. Thanks , I¡¦ll try and check back more frequently. How frequently you update your site?

  6. Garfield Herout mengatakan:

    Nice read, I just passed this onto a colleague who was doing some research on that. And he just bought me lunch since I found it for him smile Thus let me rephrase that: Thank you for lunch!

  7. Yahya mengatakan:

    beruntung sekali saya sempat mampir di cobaberbagi.wp,com. Teruslah berbagi pak terutama hal2 yg inspiratif seperti postingan ini

  8. febe fernita mengatakan:

    setiap hewan punya keunikan sendiri2, lewat postingan ini kembali diingatkan kembali bahwa sang Pencipta kita bener2 hebat dan kreatif.

  9. Arka mengatakan:

    lama ga berkunjungan ke sini. linknya mas dah saia simpen di blogku. tukerin link yuk!
    begitulah sikap dan sifat generasi ulilalbab. tidaklah sia-sia allah menciptakan alam beserta isinya.

  10. darahbiroe mengatakan:

    wah lama gak mmpir kesini
    karena rumahku kena suspend

    dan ditunggu kunjungan baliknya dirumah baruku
    http://darahbiroe.com/
    thanks😀

  11. edratna mengatakan:

    Pelajaran yang menarik..kita bisa belajar dari hewan dan tumbuhan, serta alam disekitar kita

  12. info solo mengatakan:

    walah ternyata,,, baru tahu saya…

  13. Marhaban Yaa Ramadhan

    Mohon Maaf Lahir dan Bathin

    http://alhafizh84.wordpress.com/2010/08/04/marhaban-yaa-ramadhan/

    Kunjungan balik yach🙂 ws

  14. Sawali Tuhusetya mengatakan:

    fisika ternyata benar2 ilmu yang sangat multidimensi, pak. hewan pun bisa dianalisis dengan menggunakan pendekatan fisika.

  15. bayuputra mengatakan:

    Kalu dipikir benar juga yah … hanya saja manusia lupa akan semua itu, dan untuk sekarang ini manusia sudah mulai tidak bersahabat lagi dengan alam sekitar … cenderung hanya ingin merusak, mementingan kepentingan individu tanpa melihat akibatnya kedepan ,,,

    Salam persahabatan Blog.

  16. isnuansa mengatakan:

    wew, baru tahu kalo soal burung yang di depan dalam formasi V tenaganya lebih banyak dari pada yang hanya mengikuti.

  17. kang ian mengatakan:

    waw keren..ternyata banyak hal yang bsa kita amati ya di sekitar kita..bahkan dari binatang sekalipun..maha suci Alloh ^^

  18. muhasabahcinta mengatakan:

    wah berarti manusia banyak belajar dari hewan dan benda2 disekitarnya…🙂

    seperti allah membuat sebuah perumpamaan melalui seekor hewan nyamuk🙂

  19. budiarnaya mengatakan:

    Segala sesuatu diciptakan untuk menjadi cerminan manusia agar sadar bahwa Alam dan isinya adalah bagian dari kita, salam hangat🙂

  20. Debby mengatakan:

    ajaib Tuhan itu… ^^

  21. اسوب سوبرييادي mengatakan:

    ternyata, melihat hewan tidak hanya belajar biologi.

  22. MENONE mengatakan:

    mantap bgt infonya…………….

  23. sarihunhasan mengatakan:

    Iya…ya,, sebenarnya secara sadar atau tidak sadar manusia sudah dilengkapi media pembelajaran yang lengkap untuk menaklukkan tantangan hidup di bumi ini.
    Manusia dibekali akal sehingga mampu meniru ,memodifikasi dan menggabungkan kemampuan makluk lain.

  24. budies mengatakan:

    konon manusia bisa mekukan semua apa yang bisa dilakukan makhluk lain, tetapi dengan latihan khusus tentu. lain dari itu saya sangat setuju bahwa ini tanda-tanda kebesaranNya

  25. Bangauputih mengatakan:

    nice post, mas
    salam

  26. M Mursyid PW mengatakan:

    saya jadi sedikit tahu fisika ni
    siip

  27. Denuzz Burung Hantu mengatakan:

    Kata Tuhan Iqro’
    “bacalah”
    bener banget. kita harus membaca alam. kita harus melihat alam untuk belajar… karena Tuhan sudah memberikan contoh2 menjalani kehidupan lewat alam

    salam akrab dari burung hantu
    http://blog.beswandjarum.com/denus/2010/08/05/standing-sex-malu-maluin-kota-palembang/

  28. masyhury mengatakan:

    keren..
    Binatang itu unik dan lucu..
    salam kenal ya..

  29. sangpenjelajahmalam mengatakan:

    bagus juga arikelnya, thanks

  30. krupukcair mengatakan:

    wah, baru tahu nih😀 keren-keren-keren😀

  31. achoey mengatakan:

    Tuhan memang Maha Dahsyat. Hewan saja bisa memiliki kemampuan seperti itu, ciptaan yang indah.

  32. teguhsasmitosdp1 mengatakan:

    Setiap gejala alam adalah gejala fisika, terima kasih pak guru.

  33. tunsa mengatakan:

    wwaaah…keren ya? ciptaan sang pencipta manusia makhluq paling mulia ini.

  34. aldy mengatakan:

    Hebatnya ciptaan yang Maha Kuasa, selalu memiliki sisi unik pada setiap sisi.

  35. firdausfarisqi mengatakan:

    gak ada salahnya kan belajar dari alam ^_^

  36. bluethunderheart mengatakan:

    menar8ik
    kerenlah
    salam hangat dari blue

  37. cobaberbagi mengatakan:

    Mohon maaf postingannya agak berantakan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: