Aplikasi Bernoulli Tendangan Pisang


David Beckham, Zinedine Zidane, Luis Figo, Roberto Carlos, Alessandro Del Piero, dan Andrea Pirlo merupakan pemain yang memiliki tendangan bebas (free kick) yang mematikan. Kiper sehebat Buffon, Casillas, Smeichel, Van Der Sar, dan Bartez pernah merasakan kehebatan tendangan bebas tersebut. Kiper-kiper tersebut tak berkutik ketika bola melewati pagar betis dan tanpa “permisi” masuk ke dalam gawang.
Tendangan bebas yang sering berujung gol tersebut dikenal dengan sebutan tendangan pisang. Disebut tendangan pisang karena bola yang ditendang akan membentuk lintasan melengkung ke samping seperti bentuk buah pisang. Bagaimana tendangan pisang ini dapat terjadi? Melalui fisika kita dapat menjelaskan peristiwa tersebut.
Pemain-pemain yang memiliki kemampuan tendangan pisang tersebut menendang bola sedikit di bawah pusat berat bola dengan ujung sepatunya. Tendangan seperti ini merupakan gaya sentripental yang membuat bola melambung dan berputar (spin). Ketika bola bergerak aliran udara mengalir berlawanan arah dengan arah gerak bola.

Putaran bola akan mempercepat aliran udara di daerah A (perhatikan gambar) sehingga di daerah ini kecepatan udara lebih besar dibandingkan dengan kecepatan udara di daerah B. Menurut Bernoulli semakin cepat aliran udara maka tekanannya semakin rendah. Tekanan di daerah A lebih kecil dibandingkan dengan tekanan di daerah B. Perbedaan tekanan ini menimbulkan gaya tekan dari B ke A. Gaya tekan ini akan membuat bola berbelok membentuk lintasan yang melengkung seperti pisang. Peristiwa melengkungnya bola ini dalam fisika sering disebut Efek Magnus. Kalau kalian ingin menguasi tehnik tendangan pisang perlu latihan yang giat. Bagaimana?? Fisika itu memang asyik ya!!

Sumber : Yohanes Surya : IPA FISIKA GASING 2

Iklan

33 Balasan ke Aplikasi Bernoulli Tendangan Pisang

  1. serius berkata:

    apakah semua orang bisa melakukan tendangan bola pisang…!?

  2. akhmad ghozali berkata:

    terimakasih….
    saya jadi bisa membuat pengamatan fisika,
    saya jadi ingin tendangan pisang…(°_°)

  3. Kerja Online berkata:

    Abis komen mending cari duit.
    Cuma ngetik dapat dollar bro…!

    http://www.paidtotyping.com/?id=ptambu11

    Contoh Gaji:

  4. Aan s arkadie berkata:

    nice info. salam kenal

  5. PiPi Seksi berkata:

    hay semua… moga sukses ya

  6. Watch The Cape berkata:

    Sip tuh teorinya, sulit mempraktekkan..!

    hehe,,

  7. Bankruptcy berkata:

    jadi pengen ikutan nendang pisang 😀

  8. immigration berkata:

    ternyata tidak asal nendang, ada tekniknya sendiri yang dapat dijelaskan dengan ilmu fisika, hebad banget 🙂

  9. ok berkata:

    wew…fisika bisa nyambung ma tendangan pisang bola ya 😀 seandainya guru fisikaku kaya gini mungkin nilai raportku bisa naik dri 2-3 jdi 4-5 kan lumayan tuh 😛

  10. tunsa berkata:

    tok…tok…tok…ada award tuh.

  11. tunsa berkata:

    hehe..buat pak guru ini selaluuuu ada ilmunya, hehe…
    salam

  12. Bangauputih berkata:

    analisisnya mantaff mas…:-)

  13. achoey berkata:

    lama gak bersua

  14. dava berkata:

    sebagian kecil dari kehebatan fisika…

  15. iqbal berkata:

    wah kapan ya pemain kita go internasional,
    kunjung balek ya di islamicofaceh.wordpress.com
    salam kenal buat teman semua
    berkunjung ya

  16. sejutainfo berkata:

    Isinya sangat bagus. Oh..ya sahabat silahkan berkunjung ke blog saya, ya…
    Saya sedang membagi hadiah gratis untuk semua sahabat Indonesia

  17. angel berkata:

    Pemain Indonesia perlu belajar teori ini

  18. M Mursyid PW berkata:

    Tendangan pisang? Mengena juga dengan teorinya, Mas. Ini baru CTL sesungguhnya.

  19. ~jayaros berkata:

    wowww … keren …. persepakbolaan dikaji dari balik rumitnya perhitungan fisika … 😛

  20. That’s wonderful, just keep it up.
    It’s the very thing i want to catch. Thanks!

  21. kampus blog berkata:

    wahh fisika memang asyiik ya.. seru juga bisa analisis tendangan pisang.. kalau tendangan menukik ala tsubasa n cr7 itu gmn mas?

    • hamdani berkata:

      Wah kalo tendangan cr7 ato sekarang cr9 kurang tahu mas. Mungkin disebabkan karena saat menendang menggunakan punggung kaki sehingga bola menukik. Saya rasa perbedaan tekanan udara pada sisi atas dan sisi bawah bola yang menyebabkan bola menukik

  22. tomi berkata:

    saya dulu sampe sekarang juga sudah mulai bisa mas tendangan pisang.. yang penting tendangan menggunakan kaki bagian dalam dan cuma kayak digesekkan gitu 😀

  23. achoey berkata:

    fisika memang asyik
    tapi jujur buat saya ini pelajaran paling sulit di sekolah 😀

    meski para pemain bola gak jagi fisika
    Tapi mereka isa mengaplikasikannya dengan indah ya 🙂

  24. Rau berkata:

    wah, koq bisa kaya gitu yaa

  25. Sugeng berkata:

    Saya kira cuma keahlian yang tidak bisa di analisa ternyata dengan kacamata ilmu pengtahuan semua bisa diurai. Ikutan belajar tendangan seribu bayangan 😆
    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

  26. sawali tuhusetya berkata:

    woi, ternyata tendangan pisang pun bisa dianalisis dengan pendekatan fisika, mas hamdani. sungguh menarik.

  27. budies berkata:

    walaupun sudah mengetahui teorinya, kok pemain top endonesia belum ada yang memiliki tendangan hebat ya pak, apa mereka perlu belajar fisika dulu

    • hamdani berkata:

      itukan teorinya pak, untuk bisa melakukan tendangan pisang ya butuh banyak latihan. Tapi saya pernah lihat Ismed Sofian mantan pemain timnas bisa melakukan tendangan pisang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: