Soal GLB (Fisika Gasing)

1. Perhatikan gambar di bawah ini! Polisi  mengejar pencuri dengan kecepatan 4 m/s  sedangkan pencuri tersebut berlari dengan kecepatan 3 m/s. Apakah polisi bisa menangkap pencuri tersebut? Jika ya kapan?

Penyelesaian:

Kecepatan polisi : 4 m/s, kecepatan pencuri 3 m/s (kecepatan polisi > kecepatan pencuri) pencuri akan tertangkap.

Selisih kecepatan polisi dengan kecepatan pencuri 1 m/s artinya dalam 1 detik jarak antara polisi dan pencuri berkurang 1 m. Jarak antara polisi dan pencuri mula-mula 100 m. Polisi akan menangkap pencuri setelah berlari  100 detik.

45 Responses to Soal GLB (Fisika Gasing)

  1. sindi berkata:

    tolong aku donk
    adi mengendarai sepeda motor dengan kecepatan tetap selama 2 jam dalam jarak 54 km. kecepatan sepeda motor adi adalah …..

    tolong bantuin aku ya
    plizzzzzz !!!!

  2. Agatha Odilia berkata:

    soal di atas yang mobil A dan mobil B itu:
    Mobil B akan menyusul mobil A setelah 240 s pada jarak 4,8 km dari mobil A.

  3. alvin berkata:

    mobil x dan y bergerak dengan kecepatan tetap sepanjang lintasan AB = 600m. mobil x bergerak dari titik A dengan kecepatan 27 km/jam dan berangkat 3s lebih awal dari mobil Y yang bergerak dengan kecepatan 10m/s. setibanya di posisi b, mobil y memutar dan kembali ke a dengan kecepatan tetap.
    a) dimana mobil y menyusul mobil x
    b) dimana mobil y berpapasan dengan mobil x setelah kembali dari posisi b?

    tolong ya gan

  4. jun berkata:

    @ Ody:
    B akan menyusul A pada jarak:

    120= s/20-s/40
    120= (40s-20s)/800
    120= s/40
    s=120×40=4800 m=4,8 km

  5. icha berkata:

    tolong anee dund,,,,,

    Dua mobil P dan Q bergerak saling berlawanan arah.
    Mobil P dengan kelajuan 40 km/jam dan Q = 60 km/jam yang bergerak. Jika jarak PQ = 15 km.
    kapan kedua mobil bertemu????

  6. ody berkata:

    A berlari dengan kecepatan 20 m/s. Dua menit kemudian B berlari dengan kecepatan 40 m/s. Pada jarak berapa B akan menyusul A.

  7. ody berkata:

    gan tolong ane,.
    ane ribet di jarak myusul nie!!
    nie soalx,.

    A berlari dengan kecepatan 20 m/s. Dua menit kemudian B berlari dengan kecepatan 40 m/s. Pada jarak berapa B akan menyusul A.

    gw da nemu jarak awal antra A n B= 240 m,.
    tp jrakx B pas nyusul,.
    gmn crx gan?

    • hamdani berkata:

      Jarak awal antara A dan B 240 m. A berlari 20 m/s selama 2 menit(120 s) 20 x 120 = 2400 m jadi jarak antara A dan B setelah 2 menit 2400 + 240 =2640 m. Selisih kecepatan antara A dan B 20 m/s, B akan menyusul A setelah berlari (2640 / 20) 132 s. Jarak tempuh B 132 s x 40 m/s = 5280 m = 5.28 Km
      Mudah2an benar ya….
      Sekedar masukan soal ini tidak reliastis apa ada orang memiliki kemampuan untuk berlari dengan kec 20 m/s apalago 40 m/s.

      • ody berkata:

        nie mobil gan,.
        bkan org,.

        woke deh,. thx info,.
        ane cb dolo

      • ody berkata:

        ehmm,.
        taya lge gan,.
        tu A dan B sma” titip 0
        trus jarak awal brarti kan 2400m ( tu bkanx dah termasuk 2menitx)
        kuq di tbah 240m lge gan?

        mav bgunk nie,.
        hehhehee,.

      • ody berkata:

        wkwkkwkw,.
        gw yg slah tambahan,.
        “gw da nemu jarak awal antra A n B= 240 m,.
        tp jrakx B pas nyusul,.
        gmn crx gan?” (yg nie gw dpet 240m, tp slah, tyata 2400m)

        bnerx soalx yg nie “A berlari dengan kecepatan 20 m/s. Dua menit kemudian B berlari dengan kecepatan 40 m/s. Pada jarak berapa B akan menyusul A.”

        mav bged,.
        tp da ngerti kuq,.
        thank ats rumus logika,..
        i like it’s,.

    • hamdani berkata:

      gw da nemu jarak awal antra A n B= 240 m,.
      itu maksudnya jarak awal atau apa?? Jarak awal kedua mobil (sebelum mobil A bergerak) berapa? Kalau memang 0 nda perlu ditambahin 240, cukup 2400 m saja. 2400/20 jadi 120 s. Jarak tempuh B 120 x 40 = 4800 m atau 4.8 Km

  8. achoey berkata:

    Konon kabarnya fisika tuh pelajaran paling sulit buat nak2 SMA 🙂

    Maaf saya baru ngeblog lagi nih hehe.
    Salam persohiblogan 🙂

  9. bayuputra berkata:

    kalau saya yang jadi polisi … saya nggak mau capek2 mengejar penjahatnya mendingan di DOOORRR aja … heeee.

  10. bayuputra berkata:

    kalau soal cerita seperti ini pasti anak2 disekolah akan senang dan lebih semangat untuk belajar … hebat.

  11. khiang berkata:

    coba diganti, polisi kita biasakan berlari 3m/s sedangkan penjahat biasanya 4m/s, jadi gak bakal tertangkap tuh penjahat ! wakakakaka

    penjahat selalu selangkah lebih maju daripada polisi…

  12. samuel23 berkata:

    so jawabannya 100 detik ya? kalo jawaban ABCannya dalam menit jadi berapa pak? gampang ya.. cara GASING ini? dan tidak memusingkan.. 🙂

  13. arka berkata:

    memang gampang dan singkat. tinggal logikanya ya…

  14. M Mursyid PW berkata:

    Saya angkat tangan kalau fisika.

  15. sakisoku berkata:

    pembahasan yang menarik Sob..

  16. sakisoku berkata:

    pembahasan yang bagus Sob.. 🙂

  17. Realodix berkata:

    Cara pembahasan yang bagus sekalli.. Disertai gambar juga..
    Anak2 yang ingin belajar pasti suka.. 🙂

  18. Sugeng berkata:

    suatu pemaparan ilmu yang sersan (serius tapi santai) dan gampang dimegerti 😆 Lanjut Gan ❗ 😆
    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

  19. aldy berkata:

    Semestinya guru-guru kreatif seperti sampeyan, mas mursid, pak Marsudiyanto, Bunda Siti Fatimah.
    Jadi kalau dapat pelajaran Fisika atau Matematika siswa nggak pingsan duluan 😀

  20. Budisastro berkata:

    wah cerita yang nyata untuk soal menarik juga ya pak, pas anak-anak senang

  21. julianusginting berkata:

    mmhh..100 detik dah keburu jauh tuh pencuri

  22. jackysan berkata:

    Wah….
    Nice study…
    Kalo materi tentang netralisasi mercury ada gak..??
    thanks sharingnya….

  23. andry sianipar berkata:

    Hello-
    wah…luar biasa bangett neeh artikelnya..
    saya jadi ingat masa masa SMA..
    pelajaran favorit saya salah satunya adalah Fisika…

  24. teguhsasmitosdp1 berkata:

    Pembahasan ini dibutuhkan logika Pak, untuk anak-anak pintar memang menyenangkan, tetapi untuk anak-anak dengan input rendah sudah saya coba malah bingung, apa saya yang salah mengajarnya ya ?

  25. rumahsehatafiat berkata:

    iya kalo jalannya lurus dan tak ada halangan kalo jalannya gelap dan berkelok-kelok gimana mau nangkep. Iya kan. Aku jawabannya realistis aja ya , ga matematis

Tinggalkan komentar