Percobaan sederhana fisika (Perbedaan Tekanan Udara)

Belajar fisika sambil bermain, apa bisa? Tentu saja bisa, dengan permainan (percobaan sederhana), fisika akan lebih menarik dan mudah untuk dipelajari. Guru boleh dibilang berhasil mengajar apabila murid-muridnya senang belajar. Kesenangan belajar akan diperoleh jika proses belajar tersebut menghadirkan suasana yang membuat siswa ikhlas (tanpa dipaksa) untuk belajar. Banyak percobaan sederhana fisika yang akan membuat siswa senang belajar fisika. Berikut saya posting-kan salah satu percobaan sederhana fisika.
Siapkan alat dan bahan berikut ini:

1. Lilin
2. Gelas kaca transparan
3. Piring
4. Air
5. Pewarna makanan
6. Korek api
Setelah semua alat dan bahan disiapkan, sekarang saatnya kita beraksi.
1.Tuangkan air ke dalam piring, kemudian teteskan pewarna makanan ke dalam air tersebut sambil diaduk.
2. Nyalakan lilin dan letakan di atas piring
3. Ambil gelas dan tutup lilin tersebut.
4. Amati apa yang terjadi

Setelah beberapa saat ternyata lilin padam, kemudian air yang ada di dalam gelas bertambah tinggi. Mengapa hal ini terjadi???

Bingung…….?? Ini nyata atau hanya ilusi mata??? Tidak… ini memang nyata bukan sulap atau tipuan mata, semua orang bisa melakukannya. Berikut penjelasan fenomena ini. Semoga penjelasan yang saya paparkan tidak bertentangan dengan konsepsi ilmuwan.
Lilin padam karena oksigen yang ada di dalam gelas tidak cukup lagi untuk “membantu” proses pembakaran (ingat oksigen diperlukan pada saat proses pembakaran). Oksigen (molekul) yang berkurang menyebabkan tekanan yang ada di dalam gelas juga berkurang, akibatnya terjadi perbedaan tekanan di dalam dengan di luar gelas. Tekanan di luar gelas lebih besar dibandingkan dengan tekanan di dalam gelas, akibatnya air yang berada di luar gelas masuk ke dalam gelas.

About these ads

36 Balasan ke Percobaan sederhana fisika (Perbedaan Tekanan Udara)

  1. evang mengatakan:

    emang kalau ditutup lilinya mati ya pak? :-D

  2. pinkymous mengatakan:

    wah, hebat banget. apa ada eksperimen yang lain???

  3. bluemous mengatakan:

    wow,,, hebat banget

  4. Hotma mengatakan:

    yg lain mana eksperimen nya ???

  5. martha mengatakan:

    apa pewarna makanan itu berpengaruh terhadap percobaan ini?? atau hanya sebagai variasi saja supaya lebih meriah warnanya???

  6. bambang sukmono mengatakan:

    ada soal begini : telur yang sudah dikupas dapat masuk ke dalam tabung elemeyer karena apa?

  7. daehaekim mengatakan:

    bagaimana kalu percobaan sederhana fisika (membandingkan tegangan Permukaan dalam 5 jenis larutan)???

  8. RULIANTO mengatakan:

    bisa dicoba nih buat tugas praktek anank murid, thanks bos

  9. bg mun mantab kali percobaannya..bisa bwat jadi tugas praktek

    terimakasih
    sarifah siregar

  10. bgus kli bg prcobaannya
    entar aq buat jdi bahan praktek

    terimakasih
    sarifah siregar

  11. ilvi rahmi mengatakan:

    makasih y mas,,,ni membantu saya dlm ,,,,,tgs fisika,,,,

  12. nurul azmi mengatakan:

    iya saya pernah nyoba untuk eksperimen anak2 saya,, tapi tidak menggunakan bahan pewarna,,, hasilnya air itu akan naik karena tekanan dari luar lebih besar dari tekanan yang ada didalam gelas.. jadi fungsi zat pewarnanya itu apa??

  13. Nining Wahyuni P mengatakan:

    trims, bagikan lagi ilmu pengetahuan eksperimen sederhana u/ siswa smp

  14. Na2ngismail mengatakan:

    Keren juga, bisa di coba nih … :D

  15. tama aulia syafira mengatakan:

    kak,,,tambahin lagi ekperimen barunya,,,,!

  16. mabikori gontor 5 darul muttaqien mengatakan:

    ada nggak yang lebih sederhana, untuk menjelaskan kegunaan2 fisika dalam kehidupan sehari2

  17. sufiajja mengatakan:

    ahhh
    percobaannya nda berhasil. yang ada lilinnya mati terus dalam gelas,
    ckck

  18. Hario Pamungkas mengatakan:

    Eksperimen yang sederhana tapi “ngena”..!!
    Salut..!!
    btw, copas textlink blognya ya, mas..
    Salam kenal..

  19. fadel mengatakan:

    jenius! apa…ini ada kaitannya dengan peristiwa pemanasan global dan naiknya permukaan air laut yaa….kaitkan doong…….. hehehee……

  20. yuliana mengatakan:

    waaaaaaaaa…………
    makasih yah, ini membantu saya dalam membuat tugas fisika….

  21. Short Sales mengatakan:

    materi pelajaran adik saya ini sangat bermanfaat

  22. Watch Raising Hope mengatakan:

    Aduh jurusan ane IPS,,, tapi mantab ajalah

  23. Massage Chongqing mengatakan:

    Terus berkarya ya pak…!

  24. obat impotensi mengatakan:

    Info menarik dan boleh sekali dicoba, Makasih buat infonya dan sukses selalu.

  25. afadl mengatakan:

    Tekanan di dalam gelas lebih rendah daripada di luar, apakah disebabkan karena oksigen yang berkurang atau suhu di dalam gelas yang lebih tinggi daripada di luar?
    Coba bandingkan dengan memasukkan sedikit air hangat ke dalam botol air mineral, tunggu beberapa saat, botol akan “peyok” ke dalam.

  26. febe fernita mengatakan:

    huhuhuhu..jadi inget masa-masa sd,smp,sma selalu ada percobaan sains, kangennnnnn!!
    jadi pengenn nyobaaa, hehehe.lama ga mampir, keep blogger yah..

  27. KAMIL ARIF PATARAI mengatakan:

    luar biasa, fisika is fun

  28. Demoffy mengatakan:

    wah, wah… aku sampai tak sempat memikirkan hal seperti itu.. thanks infonya… ;)

  29. teguhsasmitosdp1 mengatakan:

    Terima kasih infonya Pak, maaf baru bisa berkunjung baik.

  30. bangauputih mengatakan:

    saya dah pernah nyoba percobaan ini sm teman sma dulu…
    sekarang dimanfaatin juga dalam kerjaan,
    salam hangat,
    bangauputih ^_^

  31. achoey mengatakan:

    Salut salut salut
    Fisika itu seru deh

  32. andinoeg mengatakan:

    jadi inget jaman sekolah doeloe

  33. Sugeng mengatakan:

    lama gak nonggol mas, ternyata masih eksis dengan fisika nya :lol: aku jadi ingat metode pengobatan “bekam” yang memanfaatkan perbedaan tekanan ini.
    Salam hangat serat jabat erat selalu dari Tabanan

  34. budies mengatakan:

    kesibukan akhir semester tetap eksis ya pak, wah ini bner-bener teladan bagi saya…salam kreatif

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 44 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: