Tugu Khatulistiwa

Tugu khatulistiwa (equator monument) berada di Kecamatan Siantan Kota Pontianak Kalimantan Barat sekitar 30 Km dari bandara Supadio.
Sejarah mengenai pembangunan tugu ini dapat dibaca pada catatan yang terdapat didalam gedung.
Catatan pada Tugu Khatulistiwa

Dalam catatan tersebut disebutkan bahwa : Berdasarkan catatan yang diperoleh pada tahun 1941 dari V. en. W oleh Opzichter Wiese dikutip dari Bijdragen tot de geographie dari Chef Van den topographischen dienst in Nederlandsch- Indië : Den 31 sten Maart 1928 telah datang di Pontianak satu ekspedisi Internasional yang dipimpin oleh seorang ahli Geografi berkebangsaan Belanda untuk menentukan titik/tonggak garis equator di kota Pontianak dengan konstruksi sebagai berikut :

a. Tugu pertama dibangun tahun 1928 berbentuk tonggak dengan anak panah.

b. Tahun 1930 disempurnakan, berbentuk tonggak dengan lingkarang dan anak panah.

c. Tahun 1938 dibangun kembali dengan penyempurnaan oleh opzicter / architech Silaban. Tugu asli tersebut dapat dilihat pada bagian dalam.

d. Tahun tahun 1990, kembali Tugu Khatulistiwa tersebut direnovasi dengan pembuatan kubah untuk melindungi tugu asli serta pembuatan duplikat tugu dengan ukuran lima kali lebih besar dari tugu yang aslinya. Peresmiannya pada tanggal 21 September 1991. (wikipedia)

Tugu yang disempurnakan tahun 1938. Diameter lingkaran di tengahnya terdapat tulisan EVENAAR sepanjang 2,11 meter. Panjang penunjuk arah 2,15 meter


Kubah yang berfungsi melindungi tugu asli yang ada di dalam kubah. Bangunan tugu terdiri dari 4 buah tonggak kayu belian (kayu besi), masing-masing berdiameter 0,30 meter, dengan ketinggian tonggak bagian depan sebanyak dua buah setinggi 3,05 meter dan tonggak bagian belakang tempat lingkaran dan anak panah penunjuk arah setinggi 4,40 meter.
Tugu Khatulistiwa ramai dikunjungi ketika terjadi titik kulminasi matahari,yakni fenomena alam ketika Matahari tepat berada di garis khatulistiwa. Pada saat itu posisi matahari akan tepat berada diatas kepala sehingga menghilangkan semua bayangan benda-benda dipermukaan bumi. Pada peristiwa kulminasi tersebut, bayangan tugu akan “menghilang” beberapa detik saat diterpa sinar Matahari. Demikian juga dengan bayangan benda-benda lain di sekitar tugu.Titik kulminasi matahari terjadi setiap tanggal 21-23 Maret dan 21-23 September. Event ini dijadikan ajang tahunan yang menarik pengunjung dan tahun 2010 ini termasuk ke dalam agenda visit kalbar 2010.
Sumber wikipedia

Sumber foto dokemen pribadi saat berkunjung ke Tugu Khatulistiwa 21 Maret 2010

32 Balasan ke Tugu Khatulistiwa

  1. achoey mengatakan:

    wah, saya jadi tahu deh pas baca dan juga lihat fotonya🙂

  2. aldy mengatakan:

    Sekarang lebih sering melewati tugu khatulistiwa subuh ( jika dari daerah; ng. Pinoh/sintang), soalnya pake bis Malam. Demikian juga jika dari Ptk kembali kedaerah selalu malam sekitar jam 19.00 – 20.00.WIB.
    Sudah pernah berkunjung dengan keluarga tahun 2009 yang lalu.
    Salam.

  3. mikha_v mengatakan:

    kalo di Sumatera, ada ngga yah?😛

  4. sunflo mengatakan:

    apakah di sana juga disediakan fasilitas kek museum gtu… apakah ada aktivitas astronomi kek observatorium bosscha gtu??

  5. M Mursyid PW mengatakan:

    Post-nya informatif ney, Mas.

  6. Rindu mengatakan:

    Pontianak, beberapa waktu yang lalu saya pernah kesana … sepi luar biasa, sekarang udah rame yah?

  7. sauskecap mengatakan:

    wah udah sering denger tugu khatulistiwa… tapi belum pernah liat langsung… gambarnya pun baru liat disini… makasih infonya…

  8. aguung mengatakan:

    kerenn.. tapi disana panas banget nggak sih?

  9. Abu Ghalib mengatakan:

    jadi pengen foto di sana
    selama ini cuma bisa dengar kata orang tentang tugu ini
    trims infonya

  10. muhammad zakariah mengatakan:

    weeww..jd pengen jalan2 kesana nih. heheh.. moga suatu saat bisa kesana.😀

  11. budies mengatakan:

    wah kapan ya bisa ada kesempatan ke pontianak? padahal sama kalimantannya tapi malah jauh dibanding dengan jakarta

  12. bluethunderheart mengatakan:

    blue belum kesana bang.heheh ngarep diajak
    salam hangat dari blue

  13. diazhandsome mengatakan:

    wah kayaknya seru juga ya jalan-jalan ke situ. kapan-kapan pergi aahh ke situ. thanks for sharing!

  14. julianusginting mengatakan:

    tugu khatulistiwa itu, saya baru dengar sih,cuma yang saya tau kenapa dibuat tugu disitu karena titik tersebut dilewati oleh garis khatulistiwa, sama seperti daerah imam bonjol di padang..😛

  15. sawali tuhusetya mengatakan:

    sudah lama dengar tugu ini, mas hamdan, tapi belum pernah baca penjelasannya secara rinci. baru di blog ini saya tahu detilnya. makasih bagi2 infonya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: