Pesona Kulminasi Matahari Di Pontianak 2010

Minggu kemaren saya dan rekan-rekan berkunjung di tugu khatulistiwa. Kunjungan ini bertepatan dengan peristiwa kulminasi matahari. Kulminasi matahari adalah fenomena alam yang terjadi ketika matahari tepat berada di garis khatulistiwa bayangan tugu dan bayangan orang serta benda-benda di sekitar tugu akan menghilang beberapa detik saat diterpa sinar Matahari. Peristiwa titik kulminasi Matahari itu terjadi setahun dua kali, yakni antara tanggal 21-23 Maret dan 21-23 September. (kaskus.us)


Ketika sampai di lokasi suasana mendung, tetapi tak menurunkan semangat saya untukmenyaksikan peristiwa kulminasi matahari. Saya agak kecewa😦 karena menurut penjaga tugu khatulistiwa titik kulminasi kemungkinan akan terjadi pada tanggal 23 maret 2010.
Untuk mengobati kekecewaan saya dan rekan-rekan berfoto ria. Pasang aksi bak foto model dadakan🙂.

Kamipun lanjut berfoto ria menambah keakraban antar sesama.

Semoga besok (23 Maret 2010) cerah dan saya tidak ada halangan sehingga bisa berkunjung lagi ke tugu khatulistiwa menyaksikan kulminasi matahari.

4 Balasan ke Pesona Kulminasi Matahari Di Pontianak 2010

  1. sunflo mengatakan:

    hmm… emang hanya di sekitar tugu itu saja yg bayangan kita ga bisa kelihatan pas peristwa kulminasi tsb?? di daerah sekitarnya gimana?? dalam radius beberapa km gtu…^^

    • cobaberbagi mengatakan:

      ya di sepanjang garis khatulistiwa bayangan kita tidak ada ketika terjadi titik kulminasi

      • sunflo mengatakan:

        pernah nyuba di tempat lain di sekitar tugu?? kan geser beberapa derajat ajah ngaruh, ya kan?? pingin rasanya ngebuktiin sendiri… tapi apa daya, aq blom pernah sekali-kalinya ke luar jawa…😦

      • Razak Alimbar mengatakan:

        Titik kulminasi matahari (matahari tegak lurus diatas suatu tempat) terjadi disetiap tempat diantara 23,5 derajat lintang utara dan 23,5 derajat lintang selatan. Ditempat-tempat diantaranya itu mengalami/terjadi dua kali titik kulminasi matahari dalam satu tahun. Jadi, di pulau Jawa juga terjadi/mengalami dua kali titik kulminasi matahari dalam setahun. Gak usah repot-repot mau ke Pontianak mas! Kapan terjadinya? Tanya orang yang tau geofisika. Ngobrol disini mungkin kepanjangan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: