GURU GO BLOG


Judul di atas jika hanya dilafalkan tanpa melihat tulisan tentu akan membuat guru marah. Bagaimana tidak, guru yang berilmu direndahkan dengan ucapan tersebut. Tulisan ini salah satu upaya memotivasi guru untuk meningkatkan profesionalitasnya.
Jorn Barger menggunakan istilah blog pertama kali pada bulan Desember 1997 untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu di-update terus-menerus dan berisi link-link ke website lain disertai dengan komentar-komentar mereka. Blog dapat digunakan untuk mendokumentasikan catatan berkala yang dibuat oleh seseorang atau sekelompok orang yang dapat diakses melalui web dan dapat dikelola menggunakan (basis) web
Dewasa ini guru sulit naik pangkat dari golongan IVa ke IVb disebabkan karena lemahnya kemampuan guru membuat karya tulis ilmiah. Guru yang jarang menulis tentu akan kerepotan pada saat akan membuat karya tulis ilmiah. Fenomena ini terjadi mungkin disebabkan karena mitos-mitos dalam menulis. Mitos-mitos tersebut diungkapkan Didik Wijaya antara lain dibutuhkan waktu yang banyak untuk menghasilkan tulisan; tulisan yang dibuat harus sempurna; dan menjadi pakar (ahli) merupakan syarat menjadi penulis.
Terampil menulis akan dicapai jika tekun menulis. Blog bisa dimanfaatkan sebagai tempat berlatih menulis. Tulisan yang dibuat bisa berupa pengalaman mengajar di kelas atau inovasi-inovasi yang dilakukan pada saat pembelajaran. Setiap tulisan di blog dapat dibaca semua orang. Hal ini jadi motivasi untuk menghasilkan karya tulis yang berbobot. Secara tidak langgsung minat baca akan meningkat karena aktivitas blog ini.
Marjohan guru di Batusangkar memanfaatkan blog untuk meningkatkan kemampuan menulisnya. Ia pernah menjadi guru teladan Sumatera Barat, mampu menyelesaikan tesisnya lebih cepat, lulus sertifikasi guru dan berhasil menerbitkan sebuah buku yang berjudul SCHOOL HEALING MENYEMBUHKAN PROBLEM PENDIDIKAN pada tahun 2009. Semua prestasi yang dicapai tersebut tak lepas dari kemampuan menulis yang dimilikinya
Menurut Undang – Undang Guru dan Dosen Nomor 14 tahun 2005 pasal 32 pembinaan dan pengembangan profesi guru meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan guru untuk pengembangan profesinya adalah mengelola blog.
Menurut Gora manfaat blog bagi guru antara lain sebagai bukti portofolio terkait profesionalitasnya, pengembangan proses pembelajaran yang bervariatif, sebagai media ajar dan pembelajaran, tempat berdiskusi, berkomunikasi dan berbagi informasi. Biaya yang relatif murah dan bisa menembus ruang serta mengembangkan jaringan lebih luas antar guru merupakan keunggulan blog. Melalui blog diharapkan kompetensi guru meningkat.
Melalui blog guru dapat menampilkan materi pelajaran yang bisa diunduh siswa, menuangkan ide atau gagasanya, mentautkan link sebagai rujukan, pemberian tugas dan evaluasi belajar. Aplikasi komentar yang tersedia di blog memberikan kemudahan interaksi antara siswa dan guru.
Guru juga dapat ”menularkan” aktivitas ngeblog kepada siswa-siswanya. Dengan memiliki blog penyalahgunaan internet oleh siswa dapat diminimalisir. Mereka dapat menuliskan upaya meraih cita-citanya, hobi, puisi, cerpen atau aktivitas yang dilakukan sehari-hari. Kebanyakan siswa memanfaatkan blog sebagai diari online mereka.
Banyak tutorial bagaimana membuat dan mengelola blog dapat didownload secara gratis. Akses internet juga mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Warung internet dan hot spot area dengan mudah dapat dijumpai di pinggir jalan. Karena blog bermanfaat bagi guru untuk meningkatkan kompetensinya sudah seharusnya para guru go blog demi kemajuan pendidikan.

51 Balasan ke GURU GO BLOG

  1. Na2ngismail mengatakan:

    setuju … AYO GURU NGEBLOG … salam kenal. boleh tukar link? link blog coba berbagi dah di pasang silakan cek di http://na2ng-ismail.blogspot.com/p/taut-teman.html

  2. abilyudi mengatakan:

    Perjalanan dan perjuangan untuk menjadi guru yang profesional masih jauh, Guru Go Blog salah satunya. Semoga dengan Go Blog dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan kita. Bravo Guru Go Blog. Salam Untuk rekan-rekan Blogger semua.

  3. Sawali Tuhusetya mengatakan:

    memang sudah saatnya guru2 masa kini pada go blog, mas hamdani. mari kita wujudkan semangat berbagi lewat blog agar kompetensi rekan2 sejawat di bidang kepenulisan makin mantab dan teruji.

  4. anna mengatakan:

    bener banget mas.. paling tidak guru2 yang punya blog itu membiasakan diri untuk mengungkapkan ide dalam bentuk tulisan.

    temen2 blogger yang guru juga banyak yang saya kenal. kakak saya juga guru dan juga blogger🙂

  5. sqa indonesia mengatakan:

    Guru go blog sudah tidak goblog lagi karena apa dia sudah berpartisipasi dalam penyebaran ilmu dalam dunia maya, tak hanya di sekolah

    setitik opini saya😀

  6. Ms. Resty mengatakan:

    kwkkwkwkkk… judul yang cerdas.
    Saya setuju sekali. Dengan ngeblog kita bisa belajar menulis.. dan bersilaturahmi dengan sesama blogger
    mohon ijin untuk mempost artikel ini di blog saya. Tentu saja dengan mencantumkan alamat blog bapak

  7. Nurita Putranti mengatakan:

    mari para guru terus menulis dan menulis utk perbaikan kualitas pendidikan Indonesia🙂 keep blogging😀

  8. syaiful mengatakan:

    betul sekali pak. jangan anak didik saja yang di asah ilmunya gurunya kudu belajar juga menulis. salam kenal

  9. rose mengatakan:

    hehe… gurunya menjadi beberapa langkah lebih maju… ^^

  10. hanif IM mengatakan:

    sudah banyak komunitas2 pribadi lewat blog (website pribadi) semakin hari juga semakin ramai. Mungkin beberapa tahun lagi, Indonesia bisa menjadi ambasador dunia blog.

  11. bayuputra mengatakan:

    hidup guru go blog 2010 ……

  12. bayuputra mengatakan:

    wah saya setuju sekali …. sudah saatnya Guru – Guru mulai ngeblog karena dengan blog kita bisa berbagi pengalaman/cerita dan ilmu ….

  13. TKB mengatakan:

    Siapa yang mas Hamdani maksud itu ya kok ada guru Go Blog?

  14. gadiz mengatakan:

    berkunjung ^_^ mantap.. semoga makin bnyak yg suka ngblog termasuk para guru

    • cobaberbagi mengatakan:

      Terimakasih. Para guru sekarang sudah melek internet, pelatihan membuat dan mebgolah blog untuk guru juga semakin gencar. Semoga ini membawa kebaikan untuk pendidikan di Indonesia

  15. cahyaiman mengatakan:

    Setuju sekali pak Guru…. he he he.. Para Guru bisa belajar mengexpresikan diri melalui Blog sekaligus belajar menyusun bahan Pendidikan dan materi yang akan disajikan… sekaligus berbagi ilmu pada Blogger lain… jadi bisa-bisa buka Virtual School nehh…. di Weblog… Ide bagus….

  16. yusami mengatakan:

    ide bagus, semoga semakin menggugah para guru untuk ngeblog. salam sukses selalu.

  17. wiwikbasuki mengatakan:

    Kl aku dr dulu nggak pernah buat makalah..buat masalah yg rutin.

  18. abughalib mengatakan:

    wow, ada mas huang…

    ini bukan forum khusus buat guru kan?
    hehehehe…

    setuju dengan artikel ini
    seorang guru harus memilih
    mau jadi guru goblok atau go blog
    tapi bukan berarti guru yang nggak go blog itu pasti goblok lho ya?

    hehehe…

    salam

  19. edratna mengatakan:

    Melatih menulis di blog memang bagus…namun juga harus dikembangkan dengan bagaimana bisa menulis makalah secara profesional. Bukankah selayaknya penilaian dinilai dari makalah yang profesional?

    Saya terbiasa membuat makalah…saat mulai menulis di blog rasanya kagok sekali, karena tulisan di blog nuansa nya lain, harus ringan, mudah dipahami awam, namun menarik dan bermanfaat.

    • cobaberbagi mengatakan:

      Blog dijadikan tempat berlatih untuk menulis, seperti learning hard to way begitu bu. Untuk tulisan ilmiah tentunya harus disesuaikan baik sistematika maupun tata tulisnya.
      Saya malah jarang buat makalah🙂
      Komentar yang membangun bu.

  20. Mimi chatz mengatakan:

    i like ur blog……

  21. bonith mengatakan:

    iya bener juga, ide yang bagus..
    semoga para guru pada mampir baca di blog ini, dan seperti yg dikata “bisa menularkan aktivitas ngeblog kepada siswa-siswanya”.Walopun mungkin tidak segampang itu juga ya, karna hobi/minat bakat setiap anak beda2.ada yg hobi nulis dan ada juga yang engga.Tapi setidaknya mereka bisa membaca lewat apa yg di share kan.
    wah serasa dirumah sendiri, cat rumah kita sama.salam kenal dari tetangga..

  22. imadewira mengatakan:

    asalkan penulisan “go” dan “blog” tidak disambung, hehe

  23. sunarnosahlan mengatakan:

    terima kasih Pak kasih yang telah mau berbagi

  24. mikha_v mengatakan:

    mungkin ini mirip2 saya lah. walau bukan guru, tapi saya dulu tak suka pelajaran mengarang. Beda hal nya dengan blog. Asik deh😀

  25. budiesastro mengatakan:

    kita usulkan kepada bapak-bapak yang sering mengikuti pertemuan agar mengusulkan hal ini

  26. budies mengatakan:

    kita berjuang agar blog guru juga diperhatikan sebagai pengembangan profesi
    karena berdasarkan komentar-guru-guru yang telah go-blog, kebanyakan mereka merasakan peningkatan kompetensi dalam banyak hal
    bahkan saya merasa lebih tambah ilmu dibanding sekedar pelatihan-pelatihan yang tidak ada tindak lanjutnya
    sukses pak
    salam dari kalimantan
    saya juga merasa bisa bertememan dengan guru-guru di seluruh penjuru indonesia dengan biaya yang lebih murah

  27. M Mursyid PW mengatakan:

    Apa saya termasuk guru goblog ini, ya?
    Iya kali he he he !

  28. cobaberbagi mengatakan:

    Setju huang berbagi ilmu di blog selain ilmu kita bertambah, dapat pahala pula

  29. Huang mengatakan:

    kalau dilihat ini konteksnya guru disini adalah tenaga pengajar, tapi kalau bisa guru = masyarakat umum yang memiliki ilmu dan dapat membagi dalam bentuk blog.

    Mas sendiri juga sudah menjadi guru dengan berbagi soal-soal latihan🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: