UNIVERSITAS KEHIDUPAN

Kerap kali kita tak acuh dengan apa yang ada, terjadi dan nampak di sekeliling kita. Padahal banyak yang bisa dipelajari dengan menyimak dan mengambil hikmah dari proses kehidupan.

Setiap orang merupakan guru.

Keikhlasan, ketekunan, keuletan, pengorbanan dan kesetian bisa dipelajari dari orang sekitar. Keikhlasan dan ketekunan bisa dilihat dari seorang petani atau nelayan. Mereka pergi bekerja sebelum matahari terbit untuk memenuhi pangan khalayak ramai. Loper koran setia berbagi informasi kepada pelanggannya. Polantas rela berpanas “ria” dan menghirup udara kotor demi kelancaran di jalan raya.

Setiap lokasi merupakan tempat belajar

Memaknai kehidupan bisa dimana saja. Di pemakaman membuat manusia sadar bahwa tidak ada yang abadi di dunia. Kekerabatan, kerja sama dan saling membantu mewarnai kehidupan di pedesaan. Kepanikan, isak tangis dan tawa bahagia merupakan hal yang lumrah terjadi di rumah sakit.

Setiap hal merupakan media belajar

Fenomena alam, ucapan seseorang, berita di TV, artikel di koran dan masih banyak yang lain bisa menjadi penyampai pesan jika pandai mengambil benang merah dari setiap kejadian tersebut.

33 Balasan ke UNIVERSITAS KEHIDUPAN

  1. julianusginting mengatakan:

    klo universitas kehidupan ada..kenapa universitas kematian gada yak…(pa karena orangnya udah pada mati..hehehehe..😛 )

  2. sunflo mengatakan:

    mantaaabbzz.. kita emang sebenernya belajar dari kehidupan, tapi kebanyakan ga nyadar yaa….:mrgreen:

  3. Rajfi mengatakan:

    Wah…Jadi nambah Ilmu lagi nih. Nice Posting Brother

  4. Rajwa mengatakan:

    Hmmm…Kereeen banget artikelnya bos, Mmg universitas yg paling baik itu adalah Universitas Kehidupan. Sallam Kenal yaa

  5. Bukan Tukul mengatakan:

    Yups… sepakat, dimana kita berpijak, disitu kita belajar tentang kehidupan..🙂

  6. achoey mengatakan:

    belajarlah pada kehidupan🙂

  7. mikha_v mengatakan:

    setiap orang merupakan guru sekaligus murid mungkin ya? hehe. Selebihnya setuju banget tuh, kalo belajar itu tidak terbatas hanya di sekolah saat jam pelajaran. Tapi dari segala hal, kita juga belajar.

  8. muhammad zakariah mengatakan:

    betul2. setiap lokasi merupakan tempat belajar, kadang kita lupa untuk mengambil hikmah dan pelajaran dimanapun kita berada, walau sepeleh tapi sgt pentink.. info mantap gan..

    salam hangat..😉

  9. Huang mengatakan:

    anda juga guru kehidupan dengan berbagi di blog🙂

  10. wahyu mengatakan:

    tidak acuh terhadap sekeliling itu namanya apatis. nah sikap apatis harus dikikis sedini mungkin agar kita labih mengenal sesama🙂

  11. bayuputra mengatakan:

    cocok sekali dengan judulnya .. pas kena sasaran..
    UNIVERSITAS KEHIDUPAN…..

  12. bayuputra mengatakan:

    nice postingan mas… saya setuju sekali … dimana saja kita berada… apapun kejadian yang kita alami didalam hidup kita ini adalah semua bagian dari pembelajaran…
    karena belajar tidak menganal batasan usia, tempat dan waktu….

  13. dunia1download mengatakan:

    wah…pak guru fisika ya…hiii…serem dong….,kunjungan balik nih…

  14. keadaan mengatakan:

    harusnya belajar dari kehidupan, bukan universitas🙂 .. Universitas hanya untuk yang mampu

  15. daiichi mengatakan:

    Jadi kita bisa memaknai apapun di manapun, dan mengambil hikmah darinya. gitu ya?

    Salam Kenal

  16. catatanpelangi mengatakan:

    Judulnya mengena.. Universitas kehidupan..
    Nice post!

  17. UsupSupriyadi mengatakan:

    nice post…
    UK ialah wadah mengambil pelajaran sepanjang hayat

  18. DEN mengatakan:

    Mas, dalam usiaku yang menginjak 32 tahun ini, aku kok kadang belum mampu belajar dari sekeliling dan dari pengalaman…..itu.

    adakah something wrong dalam diriku?

  19. M Mursyid PW mengatakan:

    Benar sekali. Kita memang mesti dapat mengambil serta menjadikan segala sesuatu sebagai sumber, media, dan bahan belajar.

  20. sauskecap mengatakan:

    Dalam kehidupan kita belajar hidup dan hidup untuk belajar. Belajar.. hidup… hidup… belajar… @_@

  21. annosmile mengatakan:

    mampir bro
    salam kenal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: