Diagnose dan remediasi kesulitan belajar 1: Pendahuluan

Leo Sutrisno

Dalam beberapa pertemuan dengan sejumlah guru yang sedang mengikuti kegiatan PLPG 2008 yang lalu, diperoleh sejumlah saran tentang tulisan yang disajikan secara berseri di Pontianak Post. Salah satu di antaranya menyarankan agar disajikan tulisan tentang kegiatan remedial. Karena, sejak  diterapkannya kurikulum baru yang menggunakan pendekatan belajar tuntas kegiatan remedial harus dilaksanakan oleh setiap guru.

Pendekatan belajar tuntas menggunakan prinsip: ’Jika materi A merupakan prasyarat untuk mempelajari materi B maka hanya siswa yang telah menguasai materi A secara tuntas baru dibolehkan mempelajari materi B’.  Kriteria yang digunakan oleh para guru untuk menetapkan ketuntasan belajar siswa saat ini Standar Kompetensi Minimum, yang dinyatakan dilai bentuk skor (nilai). Mereka yang memeliki nilai kurang dari (nilai) Standar Kompetensi Minimum itu diwajibkan mengikuti kegiatan remedial, yaitu dengan cara mengikuti tes ulang beberapa kali hingga mencapai nilai stadar kopmpetensi minimum  tersebut. Dengan perkataan lain, kegiatan remedial seperti ini bertujuan unutk meningkatkan nilai agar mencapai nilai standar.

Dalam tulisan berseri ke depan dengan tema diagnose dan remediasi kesulitan belajar bukan arti seperti itu. Tetapi, hal itu berupa kegiatan yang bertujuan membantu para siswa dalam mengatasi kesulitan belajar yang mereka alami dengan fokus mengubah konsepsi siswa agar menjadi konsisten dengan konsepsi para ilmuwan.

Dipahami, dalam proses pembelajaran, para siswa aktif mengkonstruksi pengetahuannya sendiri (aktif menyusun konsepsinya sendiri) melalui interaksi dengan para guru dan teman-temannya dengan cara membuat hubungan (link). Hasilnya berupa konsepsinya  (Baca: pengetahuannya) sendiri tentang materi yang sedang dipelajari. Sudah barang tentu ada konsepsi mereka yang sudah konsisten dengan konsepsinya para inuwan, tetapi juga ada yang berbeda dengan konsepsi ilmuwan. Konsepsi siswa yang berbeda dari konsepsi para ilmuwan disebut miskonsepsi.

Fokus dari remeiasi yang ada dalam seri tulisan ini adalah memperbaiki miskonsepsi yang dimiliki para siswa agar menjadi konsisten dengan konsepsi ilmuwan. Sedangkan diagnosenya merupakan kegiatan menggali miskonsepsi para siswa. Kegiatan diagnose ini sering dilakukan dengan cara mengadakan tes diagnostik. Gambar 1 menyajikan alur kegiatan itu. Diawali dengan melakukan asesmen kepada siswa setelah selesai mengikuti proses pembelajaran untuk menentukan para iswa yang telah tuntas dan yang belum. Mereka yang belum tuntas diberi tes diagnostik unutk menemukan miskonsepsi mereka. Berdasarkan miskonsepsi yang ditemukan disusun kegiatan remediasi unutk ’membongkar’ miskonsepsi mereka dan bersedia menerima konsepsi ilmuwan.

Mencermati diagram alur yang tersaji pada Gambar 1 itu, terlihat bahwa kegiatan remediasi tidak serta merta menghasilkan nilai siswa sedemikian ruoa sehingga mencapai standar kompetensi minimum. Kegiatan remediasi mendobrak miskonsepsi. Siharapkan setelah tidak mis lagi, siswa yang bersangkutan tidak lagi mengalami kesulitan dalam mengikuti asesmen hasil belajar. Dengan begitu, diharapkan hasil asesmennya menunjukkan bahwa siswa yang bersangkutan telah memenuhi standar kompetensi minimum.

Satu Balasan ke Diagnose dan remediasi kesulitan belajar 1: Pendahuluan

  1. mikha_v mengatakan:

    Hehe boleh dong tanya-tanya. Apa perbedaan remediasi dan program remediasi?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: