Bentuk-Bentuk Miskonsepsi Fisika

Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar fisika karena siswa sering mengalami miskonsepsi. Miskonsepsi adalah konsepsi seseorang tentang konsep yang keliru. Miskonsepsi ini jika tidak ditanggulangi dengan benar, maka akan berdampak buruk pada hasil belajar. Menurut Paul Suparno (2005) untuk mengatasi miskonsepsi ada tiga langkah yang harus dilakukan, yaitu:
1. mencari atau menemukan bentuk-bentuk miskonsepsi
2. mencari penyebab terjadinya miskonsepsi
3. memilih metode yang sesuai untuk mengatasi miskonsepsi tersebut.
Dalam mempelajari fisika, siswa sering mengalami miskonsepsi. Banyak penelitian yang dilakukan untuk mengatasi miskonsepsi ini. Berikut beberapa bentuk-bentuk miskonsepsi fisika:
- Jika kecepatan nol maka percepatan juga akan nol
- Percepatan sama dengan kecepatan
- Benda yang berat akan lebih cepat jatuh dibandingkan dengan benda yang ringan
- Massa mempengaruhi percepatan benda yang jatuh bebas
- Arah gaya gesek sama dengan arah gerak benda
- Benda yang diam tak memiliki energi
- Momentum sama dengan gaya
- Energi merupakan gaya
- Rotasi sama dengan revolusi
- Semua plenet mengorbit dengan kecepatan yang sama
- Kalor dan suhu merupakan besaran yang sama
- Kulit bisa digunakan untuk mengukur suhu
- Pada ayunan sederhana massa mempengaruhi frekuensi ayunan
- Pada pegas, amplitudo mempengaruhi frekuensi pegas
- Bayangan ikan yang dilihat dari atas lebih jauh dari jarak sesungguhnya
- Lensa cekung bisa mengumpulkan sinar
- Lensa cembung bisa menyebarkan sinar
- Gelombang memindahkan materi
- Gelombang tidak memiliki energi
- Kecepatan cahaya tidak bisa berubah
- Saat peristwa pemantulan cahaya frekuensi (warna) cahaya berubah
- Gaya listrik sama dengan gaya gravitasi
- Tegangan listrik merupakan energi
- Arus listrik sama dengan tegangan listrik
- Elektron bergerak cepat (mendekati kecepatan cahaya) di dalam rangkaian tertutup
- Konduktor tidak memiliki hambatan

About these ads

21 Balasan ke Bentuk-Bentuk Miskonsepsi Fisika

  1. mustofaabihamid mengatakan:

    Reblogged this on Sebuah Catatan Kehidupan.

  2. lamandaumarket mengatakan:

    Dimana saya bisa mendapatkan buku karangan paul suparno secara online?terima kasih

  3. novi snr mengatakan:

    aslinya nyari-nyari buku miskonsepsi ngga ada.. udah keliling2 sampai dari toko biasa dan toko besar.. jadi cari kemana dong? udah ngga keluar bukunya :(

  4. jupen mengatakan:

    wahhh coba dulu waktu jaman saya internet seperti ini mungkin saya lebih mudah belajar fisika,, salam ya

  5. qus_fs04 mengatakan:

    terimakasih ilmunya,sangat bermanfaat bagi saya.,
    kalau mau mencari buku miskonsepsinya paul suparno dimana sya bisa mendapatkannya…,saya perlu untuk referensi skrps saya…,terimakasih!

  6. gitoprima mengatakan:

    Kalau mau yang tahu yang benar gmn pak???

  7. djiesaka mengatakan:

    fisika termasuk pelajaran yg cukup sulit…
    thanks yah kunjungannya :)

  8. ciput mengatakan:

    Fisika. Pelajaran yang penuh tantangan

  9. An mengatakan:

    Fisika termasuk salah satu pelajaran IPA paling rumit di SMA dulu saya merasa begitu . . . :(

  10. Dangstars mengatakan:

    ingat dulu kalo pas pelajaran fisika..tiba-tiba perut suka mules nih..
    He..he.hhe.
    Lam kenal aja Boz

  11. Dangstars mengatakan:

    Terimakasih ilmunya Pak..mantap

  12. Vulkanis mengatakan:

    Terimakasih telah berbagi,,Ingat fisika waduh rumit

  13. cobaberbagi mengatakan:

    ya pak… jika miskonsepsi tak diatasi akan bertahan dan mengendap dipikiran siswa

  14. Sawali Tuhusetya mengatakan:

    wah, saya ndak tahu persis apakah anak2 didik saya juga mengalami miskonsepsi fisika, mas hamdan. mudah2an saja tidak. kalau sampai terjadi, bisa kebawa sampai kelak mereka dewasa.

  15. Debby mengatakan:

    baca ini jd inget masa SMA ^^
    salam kenal :)

  16. makasih banyak infonya…sangat bermanfaat…salam hangat…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 44 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: